Rabu, 17 Agustus 2011

Lowongan Pendamping Operator Program Keluarga Harapan Sepi Pelamar

Rembang-Lowongan kerja pendamping dan operator program keluarga harapan yang dibuka Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Rembang, ternyata hingga batas akhir pendaftaran hari Selasa, kurang diminati pelamar.


Bahkan dari formasi yang dibuka tak memenuhi kuota, kondisi itu cukup disesalkan karena tahun ini hanya dua daerah di Jawa Tengah yang ditunjuk Kementrian Sosial untuk membuka lowongan tersebut, yaitu Kabupaten Rembang dan Kabupaten Semarang. Kabupaten Rembang tahun ini mendapatkan kuota 42 pendamping dan 4 operator.


Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Rembang, Suranto, mengatakan, jumlah pelamar kurang dari yang dibutuhkan. Padahal formasi yang dibuka banyak membutuhkan calon pekerja untuk menempati job pendamping dan operator Program Keluarga Harapan. Lowongan kerja untuk lulusan diploma III dan sarjana nampaknya dianggap hanya sebatas pengabdian, padahal apabila diterima dan telah bekerja nanti, mereka akan menerima penghasilan.


Suranto menyebutkan, melalui Program Keluarga Harapan (PKH), setiap rumah tangga sangat miskin yang memenuhi persyaratan akan menerima bantuan tunai sebagai upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), yaitu pendidikan dan kesehatan. Mereka yang tercakup dalam PKH misalnya ibu hamil dari keluarga sangat miskin yang kesulitan dalam memeriksakan kandungannya karena keterbatasan biaya. Juga diperuntukan bagi keluarga sangat miskin yang memiliki anak usia sekolah dan tidak mampu menyekolahkan anaknya.

Menurut Suranto, pihaknya sangat prihatin atas minimnya jumlah pelamar, kaena tahun ini hanya dua daerah di Provinsi Jawa Tengah yang ditunjuk membuka lowongan, yakni Kabupaten Rembang dan Semarang. Untuk pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi kemudian menjalani test tertulis dan wawancara, mereka yang lolos akan ditetapkan sebagai pendamping atau operator Program Keluarga Harapan. Dengan formasi satu orang pendamping di tiap kecamatan dan empat orang menjadi operator.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar