Kamis, 18 Agustus 2011

Kodim Gelar Lomba Komsos

Rembang-Dalam rangka merayakan HUT Kemerdekan RI ke-66, jajaran Kodim 0720 Rembang kemarin menggelar lomba komunikasi sosial antar bintara pembina desa (babinsa) dari 14 Koramil. Lomba dislenggarakan dua hari, 17-18 Agustus, bertempat di komplek Makodim setempat.


Komandan Kodim 0720 Rembang, Letnan kolonel ARM Deddy Jusnar Hendrawan menjelaskan, setiap anggota TNI khususnya babinsa yang bertugas di lingkup wilayah kerjanya harus memahami tugas pokok dan fungsinya. Salah satunya yakni menjalin komunikasi sosial dengan warga dan aparatur pemerintahan tingkat bawah baik desa, RW dan RT serta warga setempat.


Oleh karena itu pihaknya sengaja mengadakan lomba orasi/pidato bagi para Babinsa untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan mereka dalam kesiapan menjalankan tugas dilapangan.


Dalam lomba orasi lanjut Letkol Deddy Jusnar Henrawan, setiap Koramil diwakili dua aparat Babinsa. Masing-masing disediakan tema berkaitan dengan pengetahuan komunikasi sosial yang diundi saat lomba, bersifat spontan, sehingga dtuntut pengetahuan luas di semua bidang.


Letkol Deddy Jusnar Hendrawan menambahkan, jajarannya yang bertugas sebagai Babinsa menginginkan memiliki kecermatan dan kemampuan menganalisa setiap adanya perubahan mendasar dalam kehidupan bermasyarakat. Cepat dalam tanggap darurat guna mencegah dan hal tersebut bisa dilakukan dengan cara berbicara di depan umum untuk memberikan efek psikologis massa.


Untuk itu dibutuhkan kecakapan dalam hal berbicara untuk menetralisir keadaan yang kurang kondusif agar skalanya tidak meluas dan muncul menjadi gejolak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar