Senin, 22 Agustus 2011

Toleransi Antar Umat Beragama Dijaga Kelestariannya

Rembang-Kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Rembang terus dijaga kelestariannya. Salah satunya seperti yang dilaksanakan Dewan Paroki Gereja Katholik Santo Petrus-Paulus Rembang.


Bangunan gereja yang terletak di tepi jalur pantura Rembang, tepatnya berada kawasan Jalan Sudirman Rembang, secara administratif masuk Kelurahan Kutoharjo Kecamatan Kota. Seperti tahun-tahun sebelumnya, selalu mengundang warga muslim setempat dan tokoh lintas agama serta tokoh masyarakat untuk berbuka puasa bersama. Kegiatan implementasi dari kerukunan antar umat beragama tersebut digelar Minggu sore dihadiri sekira 200 orang di aula Gereja Santo Petrus-Paulus.

Romo AG Eko Winarno PR, pimpinan gereja Santo Petrus-Paulus menyampaikan, kegiatan berbuka puasa bersama lintas agama merupakan bentuk dari upaya menjaga kelestarian kerukunan umat yang telah terjaga selama ini. Bahkan awalnya dahulu kegiatan tersebut justru digagas dan dipelopori oleh KH Cholil Bisri, tokoh muslim dan salah satu ulama besar asal Kabupaten Rembang, pengasuh pondok pesantren Raudlatut Thalibien Leteh.


Menurut Romo Eko Winarno, karena kegiatan tersebut sangat positif untuk membina kerukunan umat beragama di Kabupaten Rembang, akhirnya diagendakan oleh Dewan Paroki untuk rutin digelar setiap tahun. acara ini juga tergolong cukup unik dan belum tentu diadakan di daerah lain.


Rangkaian acara mengacu pada ajaran agama Islam. Didahului dengan cearamah keagamaan, dilanjutkan menikmati takjil saat masuk waktu berbuka puasa, disediakan tempat untuk sholat maghrib berjamaah, dan Ditutup dengan makan bersama berbuka puasa dengan lintas agama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar