Selasa, 16 Agustus 2011

Paskibraka menjadi kenangan tak terlupakan

Rembang-Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) adalah pasukan yang mempunyai tugas utama mengibarkan duplikat bendera pusaka pada upacara peringatan hari proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia baik di tingkat nasional, provinsi maupun tingkat kabupaten/kota.


Anggota Paskibraka adalah putra dan putri pilihan yang berasal dari pelajar Sekolah Lanjutan Tingkat Atas atau sederajat yang dipilih melalui tahap seleksi yang diawali dari tingkat Kabupaten/kota, tingkat Provinsi sampai tingkat nasional.


Salah satunya M Ikhsan Khoiri salah satu siswa SMAN 1 Rembang Pemegang bendera Paskibraka pada upacara peringatan hari kemerdekaan RI Tingkat Kabupaten rembang merasa bersyukur dapat terpilih mewakili sekolahnya.


Ditemui sebelum pelaksanaan pengibaran bendera, Ia mengaku sangat bangga dapat lolos seleksi Paskibraka. Dengan digembleng ala militer baik dalam suka dan duka tentunya hikmat dan mafaat banyak yang Ia rasakan.


Kegiatan yang paling berkesan dan terharu adalah saat penyematan lencana merah putih di lokasi Dampo awang beach taman Rekreasi pantai kartini Rembang, Acara tersebut membuat kenangan tersendiri seumur hidupnya. Bahkan Ia terbayang bagaimana jerih payah dan perjuangan kala itu untuk mempertahankan kemerdekaan.


Ikhsan yang sedang menginjak kelas 2 sangat mengidolakan sosok pahlawan seperti Bung Tomo, dengan semangat perjuangannya bersama arek-arek Surabaya dapat mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Uintuk mewujudkan itu semua tentunya dengan bekal yang diterima selama menjadi Paskibraka ilmunya akan ditularkan kepada adik-adik kelasnya.


M ikhsan berharap semangat perjuangan pahlawan kita tidak dilupakan oleh generasi muda. Untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan mengenang perjuangan para pahlawan, Ia berharap ada langkah konkkrit dari pihak-pihak yang berkompetent dalam menumbuhkan rasa nasionalisme, bisa melalui cara penayangan video perjuangan kemerdekaan dan menambah muatan lokal pelajaran sejarah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar