Selasa, 16 Agustus 2011

Perjuangan Mbah Indu pasang bom mengusir penjajah

Rembang-Peringatan hari kemederkaan RI ke-66 kini telah tiba. Melalui perjuangan dan pengorbanan yang berat oleh para pejuang tempo dulu, kemerdekaan akhirnya bisa tercapai. Tentunya kita tidak boleh melupakan jasa para pahlawan bangsa. Dari sekian pahlawan veteran kemerdekaan yang ada saat ini terdapat sosok pahlawan yang pernah berjasa dalam memerangi dan mengusir penjajah kolonial Belanda di wilayah timur kota Rembang ini.


Dia adalah Mbah Indu yang saat ini berdomisili di desa Ngotet kecamatan Rembang Kota. Dalam perjalanan perang melawan kolonial Belanda tahun 1949 lalu. Sosok pahlawan kemerdekaan mbah Indu ini ternyata pernah memasang bom ditengah jalan desa Pendo kecamatan Sluke. Pemasangan bom ini untuk menghancurkan truk berisikan pasukan Belanda yang melintasi jalan tersebut. Dan ternyata bom yang dipasang berhasil meledak dan menghancurkan truk bermuatan puluhan pasukan Balanda.


Dia menceritakan setelah Jepang menarik pasukannya yang berada di samudera pasifik pada tahun 1945. Belanda ingin merebut kembali kemerdekaan yang sudah diraih bangsa Indonesia saat itu. Namun dengan semangat jiwa dan raga dari para pejuang untuk membela tanah air tercinta ini akhirnya Belanda secara bertahap dapat dimusnahkan.


Mbah Indu yang saat ini tidak tahu berapa usianya sekarang juga mengaku dizaman kekuasaaan Jepang, kepahitan dan kesengsaraan rakyat bangsa indonesia tidak bisa dibayangkan. Banyak rakyat Indonesia yang mengalami kerja paksa oleh tentara jepang.


Bahkan tidak diberi makan hingga satu persatu mereka mati kelaparan. Untuk itu mbah Indu berpesan kepada para generasi penerus sekarang agar bisa mengingat kembali sejarah kemerdekaan dimasa lalu. Dengan mengisi kemedekaan ini melalui kegiatan positif yang dapat membangun negara menjadi lebih baik.


Selain itu Mbah Indu berharap para pejuang kemerdekaan mendapatkan perhatian serius dari pemerintah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar