Kamis, 25 Agustus 2011

Pendataan one village one product

Sulang-Kantor Camat Sulang beberapa waktu melakukan pendataan produksi unggulan desa di wilayahnya. Hal itu terkait adanya program one village one product/OVOP (satu desa, satu produksi) dari dinas perindustrian, perdagangan, koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah (Dinperindagkop dan UMKM) Kabupaten Rembang.


Camat Sulang Sukis Sutarto mengatakan, berdasarkan pendataan potensi unggulan desa di kecamatan Sulang terdapat desa Kunir dan desa Rukem sebagai produsen tanaman tembakau. Bahkan dari puluhan petani di desa Karangharjo juga mendapatkan pelatihan tentang rajang dan cara penanaman tembakau dari dinas terkait. Sebenarnya pendataan para pengusaha ini dilakukan untuk mengetahui jumlah petani tembakau yang digunakan sebagai ukuran dan pedoman pada program OVOP.


Menurutnya, tujuan dari program one village one product ini adalah untuk memberikan peluang pasar, meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal. Kemudian meningkatkan produk berkualitas dan menbuka peluang investasi sebagai wahana pengusaha mikro kecil menengah.


Sukis berharap dengan adanya pendataan ini nantinya pemerintah bisa mengagendakan pertumbuhan usaha mikro, kecil dan menengah dari setiap desa secara bertahap. Karena program OVOP bertujuan meningkatkan sektor UMKM, sehingga setiap desa menghasilkan satu hasil produk unggulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar