Selasa, 23 Agustus 2011

BUPATI SERAHKAN BANTUAN KEPADA GURU TK/TPA, PONPES DAN MDI DI KAB. HSS





Rabu (24/8) bertempat di Pendopo Kabupaten Hulu Sungai Selatan diselenggarakan penyerahan bantuan kepada ustadz dan ustadzah TK/TP Al-Qur’an, Pondok Pesantren dan kepada pembantu pegawai pencatat nikah (Penghulu) yang ada di Kab.HSS tahap kedua. Sehari sebelumnya juga dilaksanakan penyerahan tahap pertama yang diserahkan langsung oleh Sekretaris Daerah HSS Drs. H. Achmad Fikry, M. AP khusus wilayah Daha seperti Kecamatan Daha Selatan, Kecamatan Daha Utara dan Kecamatan Daha Barat di Mesjid besar Al–Ihya Kecamatan Daha Selatan.

Bantuan tersebut di serahkan secara simbolis oleh Bupati HSS Dr. H. M. Safi’i, M. Si kepada 3 orang ustadz. Penyerahan bantuan ini merupakan penyerahan bantuan tahap kedua yaitu untuk Kecamatan Sungai Raya, Kecamatan Kandangan, Kecamatan Angkinang, Kecamatan Padang Batung, Kecamatan Telaga Langsat, Kecamatan Loksado, Kecamatan Simpur dan Kecamatan Kalumpang. Masing-masing mendapatkan bantuan Rp 400.000,00 per orang.

Dalam sambutannya, Bupati HSS Dr. H. M. Safi’i, M. Si menyatakan bahwa yang menerima bantuan di 11 Kecamatan kurang lebih sebanyak 2.110 orang. Untuk daerah Daha sudah di serahkan sebanyak 1.006 orang dan dana yang dikucurkan hampir mencapai Rp 900 juta. Dikatakannya bahwa pada saat Hari Jadi Kabupaten nantinya akan diresmikan pusat pendidikan para ustadz dan ustadzah yang bertempat dalam komplek kuburan muslimin terpadu dan nantinya pada hari jadi juga diresmikannya pembangunan kuburan muslimin terpadu tersebut.

Pada APBD Perubahan nantinya akan dianggarkan untuk merekrut sebanyak 22 orang qori dan qoriah yang akan dididik untuk dipersiapkan setiap tahun mengikuti lomba baik dalam bentuk MTQ maupun STQ. Pada kesempatan itu, Buati menghimbau apabila ada ustadz dan ustadzah yang masih muda dan berpotensi agar didaftarkan kepada Camat yang nantinya akan diberi bea siswa. Selain diberikan pendidikan Al-qur’an ada juga diberikan pendidikan formal. Dan akan merekrut 2 orang yang bisa mengajar dan membimbing untuk Tahfiz dan Tajuidnya. Beliau berharap agar nantinya bisa memuculkan qori dan qoriah yang bisa mengharumkan Kab. HSS.

Kemudian di jelaskannya bahwa HSS setiap tahunnya melaksanakan pesta tanglong pada malam tanggal 21 Ramadhan. Untuk tahun 2011 ini tidak ada lagi pestival tanglong. Diganti dengan tadarusan massal sehingga kota Kandangan bergelora dengan ayat-ayat suci Al-qur’an.

Pada Hari Jadi tahun 2012 nantinya akan diresmikan beberapa rehab mesjid besar yang ada di 11 Kecamatan dan akan meresmikan sekolah negeri SD, SMP dan SMA di bawah Pemkab yang jauh dengan tempat ibadah baik langgar maupun mesjid sudah ada mushola di sekolah masing-masing.

Dan pada tanggal 2 Desember 2011 nantinya akan diadakan pesta rakyat yang makanannya diolah dari bahan Ubi Nagara dan Kacang Nagara. Beliau mengungkapkan masyarakat HSS harus bangga punya Ubi Unggul yang daerah lain tidak memiliki. Dan hal telah di presentasikan di Departemen bahwa satu-satunya ubi jalar yang unggul di tingkat Nasional.

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah HSS Drs. H.Achmad Fikry, M. AP sebagai rangkaian penyerahan bantuan pada tahap pertama mengucapkan terima kasih kepada para Ustadz dan Ustadzah yang telah berperan serta dalam meningkatkan pengetahuan anak didiknya khususnya di Bidang Keagamaan. Sekretaris Daerah menyatakan bahwa Pemkab. HSS akan mengupayakan peningkatan jumlah nominal bantuan yang diberikan. Beliau berharap kebijakan yang sedang digalakkan oleh Pemerintah agar didukung dengan sepenuhnya sehingga pembangunan di Kab. HSS dapat berjalan dengan baik. (siska_hms)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar