Selasa, 23 Agustus 2011

HSS GELAR RAKOR PENYALURAN RASKIN



Rabu (24/8) bertempat di Aula Rakat Mupakat Kandangan diselenggarakannya Rapat Koordinasi tentang penyaluran Beras Miskin untuk bulan September 2011. Rapat tersebut dilaksanakan untuk menindaklanjuti surat Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat tanggal 12 Agustus 2011 perihal penyaluran raskin sebelum Idul Fitri dan surat Gubernur Kal-Sel tanggal 16 Agustus 2011 perihal percepatan pelaksanaan pendistribusian Raskin Kabupaten/Kota.

Rapat tersebut di buka langsung oleh Bupati Hulu Sungai Selatan Dr. H. M. Safi’i, M. Si. juga hadir pada acara tersebut Asisten Administrasi Bidang Pembangunan dan Kemasyarakatan Setdakab. HSS Ir. H. Fathurrahman, MP, Perwakilan dari Bulog Barabai, Tim Koordinasi Raskin Kab. HSS, para Camat serta para Kepala Desa.

Dalam sambutannya, Bupati HSS Dr. H. M. Safi’i, M. Si menyebutkan bahwa HSS mempunyai sasaran penanggulangan kemiskinan. Dalam mewujudkan tujuan tersebut, maka HSS melaksanakan program yang dinamakan Program Ampih Miskin. Pada kesempatan itu, Bupati meminta kepada para Kepala Desa agar lebih memperhatikan 1.637 jiwa masyarakat miskin yang ada di HSS. Bupati berharap agar Raskin bisa didistribusikan kepada masyarakat miskin sebelum Hari Raya Idul Fitri sehingga masyarakat miskin bisa menyerahkan zakat fitrah. Beliau menghimbau Raskin harus ada di rumah masyarakat miskin, jangan sampai Raskin ada di pasar bebas untuk diperjual belikan. Pada acara tersebut, Bupati menyampaikan terima kasih kepada para Camat yang telah melaksanakan penyaluran Raskin dengan tepat sasaran. Beliau berharap agar meneruskan pengabdiannya khususnya menfasilitasi masyarat miskin.

Asisten Administrasi Bidang Pembangunan dan Kemasyarakatan Ir. H. Fathurrahman, MP menyampaikan laporannya bahwa penyaluran Raskin telah dilaksanakan mulai bulan Januari sampai bulan Agustus 2011 sebanyak lebih dari 800.000 kg atau 34,34 % dari 2.000.000 kg lebih per tahun. Ir. H. Fathurrahman, MP mengatakan bahwa masih ada beberapa Kecamatan yang merasa kesulitan untuk menyalurkan Raskin kepada warganya seperti jumlah rumah tangga sasaran penerima manfaat atau RTS-PM PPLS-08 BPS Kab. HSS yang berbanding jauh dengan yang ada dilapangan, sehingga masyarakat yang merasa dirinya yang termasuk dalam data PPLS-08 BPS juga menuntut untuk mendapatkan Raskin.

Pada kesempatan itu, Perwakilan Bulog Barabai meminta apabila ada Raskin yang kualitasnya tidak bagus agar segera dilaporkan kepada Badan Urusan Logistik Sub Divisi Regional Wilayah Barabai sehingga bisa langsung diganti dengan kualitas yang lebih bagus. Badan Urusan Logistik Sub Divisi Regional Wilayah Barabai mengatakan akan siap memberikan pelayanan dalam penyaluran Raskin 24 jam sampai hari Senin pada tanggal 29 Agustus 2011 sebelum Hari Raya Idul Fitri. (siska_hms)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar