Minggu, 18 September 2011

Pemkab Lestarikan Olahraga Tradisional

Rembang-Empat jenis olahraga tradisional dilestarikan Pemerintah Kabupaten Rembang, meliputi pathol, kasti, egrang dan dayung. Olahraga merakyat tersebut terus diupayakan kelestariannya agar tidak punah di tengah maraknya permainan digital dari perangkat komputer dan internet.


Kepala Dinas Budaya, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rembang, Noor Effendi melalui Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Zamil menyampaikan, olahraga dan permainan tradisional yang merupakan bagian budaya asli negeri sendiri warisan orang tua era dahulu apabila tidak diuri-uri maka hanya tinggal kenangan. Bahkan sekira 10 tahun sudah tidak banyak lagi yang memainkan, tingkat kepunahan tinggi dan dalam sekejap bisa jadi tidak akan ditemukan lagi.


Menurut Zamil, perlu ada keseriusan melestarikan olahraga tradisional asli karya bangsa sendiri, apabila tidak dikhawatirkan diklaim oleh negara lain, seperti halnya kesenian daerah reog asal Ponorogo yang diakui menjadi asset budaya Malaysia. Untuk itu olahraga tradisional ini perlu diupayakan pelestariannya secara berkesinambungan agar dapat terus dimainkan.

Ditambahkan, olahraga warisan leluhur tersebut harus diberi ruang dan kesempatan agar tetap digemari masyarakat. Untuk menambah greget pelestarian semua jenis olahraga tradisional yang mudah dimainkan yang tidak butuh banyak biaya dan tempat khusus, dapat dilakukan melalui ajang lomba, mulai tingkat desa, kecamatan, hingga kabupaten dan propinsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar