Views :896 Times | | | |
Senin, 05 September 2011 16:28 |
Satu karakteristik penting dari entrepreneur yang sukses ialah kemampuan mereka untuk melihat gambaran yang lebih besar. Seorang entrepreneur bisa memprediksi dengan baik perubahan signifikan dalam pasar atau dalam masyarakat sebagai suatu kesatuan memiliki kelebihan tersendiri. Pengertian lain dari “melihat gambaran yang lebih besar” ialah memandang perusahaan dari perspektif seluas mungkin sehubungan dengan hubungan dengan karyawan, pemangku kepentingan dan masyarakat sebagai satu kesatuan. Siswa juga mengingat bahwa Gates membayangkan komputer pribadi akan ditemui di mana-mana seperti di rumah-rumah tetapi tidak di perkantoran. Profesor Harvard Business School dan penulis Michael Beer menyusun sebuah penelitian tentang entrepreneur yang ia sebut sebagai perusahaan-perusahaan “Komitmen Tinggi Kinerja Tinggi”; perusahaan yang memegang posisi teratas di dalam industri mereka selama 10 tahun lebih dan dalam apa yang disebut Beer sebagai budaya “komitmen tinggi” telah diciptakan. “Para CEO sangat berbeda dalam kepribadian, latar belakang dan gaya keentrepreneuran. Namun, mereka semua memiliki kesamaan dalam hal tujuan perusahaan. Mereka berbagi pandangan bahwa sebuah perusahaan memiliki tujuan yang lebih besar daripada hanya mencari laba dan meningkatkan harga saham, meskipun mereka semua sangat berfokus pada profitabilitas dan menganggapnya penting untuk mencapai tujuan yang lebih besar bagi perusahaan. Mereka memiliki pandangan yang mencakup banyak pemangku kepentingan dari perusahaan sebagai kebalikan dari pandangan pemegang saham. Tujuannya yaitu menambah nilai terhadap pegawai, pelanggan, komunitas dan masyarakat, bukan hanya pemangku saham. Para CEO ini bekerja dari kepercayaan dan prinsip mereka yang terdalam. Tujuan mereka ialah mewariskan sesuatu kepada perusahaan yang besar.” Entrepreneur yang memiliki gambaran lebih besar sehubungan dengan perubahan pasar dan perubahan dalam masyarakat sebagai satu kesatuan memiliki kelebihan tersendiri dibanding pesaing lainnya. Entrepreneur dalam perusahaan yang paling berhasil terbiasa untuk memandang perusahaan sebagai sebuah kesatuan. Ia mempertimbangkan pegawai, konsumen dan setiap pemangku kepentingan serta pemangku saham lainnya. Para entrepreneur ini mempertimbangkan hubungan perusahaan dengan masyarakat dan memikirkan tujuan lebih besar yang dimiliki perusahaan. (*/Akhlis) |
Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/174-rencana-bisnis/10856-menjadi-entrepreneur-yang-visioner.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar